Jumat, 09 Januari 2015

BELAJAR ACTIONSCRIPT 3

Sekarang kita akan memulai membuat helloworld dengan FlashDevelop. Buka FlashDevelop yang sudah terinstal di komputer. Ketika pertama kali memasukiFlashDevelop cek Flex SDK dan Flash Player terlebih dahulu yaitu dengan cara klik menu Tools -> Program Settings.
Seperti pada gambar diatas, pastikan kita klik AS3Content. Kemudian kita masuk dalam Installes Flex SDKs. Klik pada tombol di ujung sebelah kanan. Maka akan muncul menu lagi seperti gambar berikut :
Isikan path dengan C:\ProgramFiles\Tools\flexsdk atau jika kita menginstal flex SDK di tempat yang lain maka isikan saja direktori alamat filenya. Pada properties akan muncul name dan version secara otomatis apabila kita memasukkan direktori alamat dengan benar. Setelah itu, klik OK.
adobe_flex_sdk
adobe_flex_sdk
Masih ada satu lagi yaitu setting Flash Player. Tetap berada dalam menu Program Settings. Kita masuk dalam sub menu FlashViewer. Sebelumnya buka exploler. Masuk kedalam direktori file FlashDevelop yaitu C:\ProgramFiles\Tools\flexlibs . Jika di dalam folder flexlibs tidak terdapat folder runtimes maka kita harus men-copy file dari CD. Masuk kedalam file CD cari folder runtimes. Kopikan folder runtimes beserta isinya kedalam direktori FlashDevelop pada C:\ProgramFiles\Tools\flexlibs.
Kembali pada menu Program Settings. Masuk dalam sub menu FlashViewer Isikan External Player Path dengan: C:\ProgramFiles\Tools\flexlibs\runtimes\player\11.1\win\FlashPlayerDebugger.exe.
Setelah semua konfigurasi telah di atur maka restart program FlashDevelop. Dan ketika kita masuk kedalam FlashDevelop maka semua pengaturan untukFlashDevelop telah selesai.
Sekarang saatnya kita membuat project pertama kita. Masuk dalam menu Project kemudian Klik New Project.  Pada menu New Project pilih AS3 Project.
Isikan nama project dengan nama Hello. Kemudian letakkan projek pada alamat direktori C:\Hello.
Kemudian klik OK. Satu projek AR telah kita buat. Jika kita lihat di dalam file Hello itu sendiri terdapat folder bin,lib dan src. Terdapat juga file yang bernama Hello.as3proj, file tersebut adalah ekstensi file project pada Flash Develop. Folder bin berisi file yang sudah didebug berupa swf file dan juga terdapat file html dan javascript. Folder lib digunakan untuk menempatkan library file yang kita butuhkan, biasanya berekstensi swc. Dan yang terakhir adalah folder src dimana kodekodeyang akan kita buat berada pada folder ini. Ketik
a membuat projek akan secara otomatis terdapat file main yang nantinya akan kita gunakan untuk pemanggilan kelas – kelas yang akan dibuat nantinya.
Karena konfigurasi diatas dirasa sudah cukup.Kita akan membuat hello world dengan menanbahkan beberapa kode ini pada kelas Main.as:

var teks:TextField = new TextField();

teks.text = "hello world";

addChild(teks);
Kode diatas ditambahkan di dalam method init() yang sudah ada yang berada dalam standar file Main.as.Kode programnya secara utuh adalah sebagai berikut :

package

{

import flash.display.Sprite;

import flash.events.Event;

import flash.text.TextField;

/**

* ...

* @author Abas Setiawan

*/

public class Main extends Sprite

{

public function Main():void

{

if (stage) init();

else addEventListener(Event.ADDED_TO_STAGE, init);

}

private function init(e:Event = null):void

{                                                                                                          removeEventListener

(Event.ADDED_TO_STAGE, init);

// entry point

var teks:TextField = new TextField();

teks.text = "hello world";

addChild(teks);

}

}

}

Penjelasan secara mendetail tentang kode, struktur atau pendefinisian akan dijelaskan lebih lanjut pada bab 3. Mungkin pada Main belum kita set document class. Jadi kita set dulu dengan cara pada file Main klik kanan kemudian klik Set Document Class.
Categories:

Posted on 17.14 by Unknown

No comments

0 komentar:

Posting Komentar